Friday, December 20, 2013

Rawatlah badan anda



Waktu muda kita berbadan sehat dan kuat, namun semakin tua bila kita tidak waspada akan mengalami berbagai gangguan kesehatan.  

Ibarat mesin, badan manusia merupakan mesin yang sempurna karunia Tuhan. Sejak dari system metabolisme, system syaraf, system imunitas ditunjang berbagai kelenjar dan organ yang melengkapi  badan manusia ini. Badan manusia sesungguhnya juga bisa memperbaiki sendiri bila ada sel yang rusak. Kalau tangan anda luka, cukup luka itu dilindungi dengan obat merah untuk mencegah disusupi bakteri. Selebihnya system di dalam badan yang akan menyembuhkan luka tersebut. 

Jadi kalau badan anda masih “standar”, tidak perlu khawatir anda akan menderita sakit yang berat. Mereka yang masih remaja hingga umur 30-an boleh dikata badannya masih standar, asal tidak mengkonsumsi narkoba atau alcohol. Mereka jarang sakit dan memiliki tubuh yang kuat. Kalaupun sakit kebanyakan karena gangguan bakteri bibit penyakit seperti flu, malaria dan sebagainya, jadi bukan penyakit degeneratif.

Umur mulai 40-an adalah usia yang harus diwaspadai. Yang umum terjadi adalah badan mulai melar (gemuk).  Berat badan meningkat, muka nampak agak membengkak (tembam). Jika penampakan tubuh sudah seperti itu, tingkatkan kewaspadaan walau tidak harus ketakutan. Bisa saja badan berubah gemuk itu karena ekonomi yang semakin mapan sehingga jiwa lebih tenang. Tapi banyak juga yang badannya berubah karena ada perubahan kondisi tubuh. Lalu kewaspadaan seperti apa yang perlu dilakukan?  Untuk itu mari difahami dulu gejala-gejala gangguan dalam badan kita.
Gejala awal yang umum di umur 40-an adalah maag dan asam urat. Setelah itu muncul gejala lainnya seperti tekanan darah tinggi, stroke bahkan diabetes. Penyakit-penyakit itu tergolong penyakit dege-neratif, yaitu penyakit yang bukan karena diserang bakteri tapi karena menurunnya kondisi dan fungsi organ tubuh. Istilah kasarnya onderdil dalam badan mulai aus. Apa yang menyebabkan aus itu? Banyak. Dari kebiasaan sehari-hari yang tidak peduli dengan kesehatan sampai serangan radikal bebas. Kita pasti tahu bahwa besi itu kalau tidak dirawat akan berkarat. Kalau sudah berkarat tetap dibiarkan saja maka besi itu akan hancur. Begitu juga badan kita, bila tidak dirawat bisa juga badan kita hancur diserang  karat. Nah, karat yang menyerang badan kita itulah yang namanya radikal bebas itu. Badan yang mulai mengalami serangan penyakit degeratif inilah yang biasanya kelihatan jadi bertambah melar. Kalau tadinya memang gemuk akan menjadi gendut.

Jadi pada dasarnya bila ingin tidak kena penyakit degeneratif itu jauhilah kebiasaan yang merugikan kesehatan badan, jangan konsumsi  narkoba dan alcohol serta upayakan hindari radikal bebas.

Pada kesempatan lain akan saya tulis kebiasaan yang menguntungkan dan merugikan kesehatan kita termasuk bagaimana mengupayakan memberantas radikal bebas.